Biasanya direktur keuangan sebuah keluarga pasti dipegang oleh seorang wanita, karena itu sebagai orang yang bertanggung jawab atas segala hal kebutuhan di rumah biasanya ibu akan melakukan beragam cara untuk memenuhi itu semua. Tak heran kadang ibu-ibu rumah tangga dibuat pusing jika barang-barang pokok mulai meroket naik, hal ini juga sangat memberi dampak terhadap uang belanja mereka.

Sejak kebutuhan sehari-hari naik, ibu-ibu rumah tangga juga mulai panik. Gimana gak panik semua kebutuhan naik tapi pendapattan enggak… hmmm… buat baklavers yang ngalami seperti ini, tenang aja kita punya 5 cara untuk menghemat uang belanjanya..

1. Buat List Barang yang Harus dibeli

Sebelum belanja, sebaiknya Baklavers sudah terlebih dahulu mencatat kebutuhan apa saja yang sudah habis, dan yang perlu dibeli. Cara ini sangat ampuh, karena dengan melihat list apa saja yang ingin dibeli, kita bisa mengatur mata untuk tidak tergiur akan promo atau diskon barang yang tidak kita butuhkan..

2. Jangan Pernah Lelah Membandingkan Harga

Sebaiknya sebelum membeli sesuatu barang, Baklavers jeli akan harganya.. Baklavers harus sering mengecek harga barang dan bandingkan tempat yang lainnya. Berjamurnya usaha retail, mereka juga bersaing dengan harga special yang ditawarkan. So, lumayan kan kalau beda 1000 rupiah…

3. Pintar Melihat Promo & Diskon

Banyak supermarket yang menjebak dengan promo-promo misalnya beli dua gratis 1, atau beli 3 hemat 50% dll. Baklavers jangan sampai tergiur loh… seperti cara yang sebelumnya tadi, kita harus dapat menghitung dan membandingkan harga. So, jangan tertipu dengan promo dan diskon yaa…
Tapi disisi lain ada juga promo dan diskon yang bener-bener murah, nah untuk mendapatkannya kita juga harus jeli yaa.. biasanya jika kita beli dalam jumalah banyak, kita mendapatkan potongan harga yang lumayan loh, jadi bisa menghemat untuk bulan depan.

4. Jangan Dibutakan Oleh Merek Terkenal

Untuk perempuan merek atau brand yang terkenal menjadi daya tarik yang tinggi.. kenapa? Karena biasanya gengsi dan status social menjadi tolak ukur dalam memilih merek yang akan dikonsumsi. Padahal merek yang lain juga sama saja dari segi kualitasnya dan bahan dasarnya. Jadi belilah barang-barang kebutuhan kita sesuai dengan yang dibutuhkan saja jangan karena merek atau brand tersebut. hal ini juga salah satu yang memicu “bocor”nya anggaran belanja bulanan.

5. Bayar Cash

Kartu kredit salah satu alat transaksi yang tidak kita sadari membocorkan anggaran belanja bulanan juga loh. Banyak pengguna kartu kredit tidak menyadari bahwa uangmu ternyata tidak sebanyak yang dikira. Waspadai efek psikologis yang sering terjadi yaitu pasca gajian membuat kita merasa jadi “orang kaya” yang justru semuanya berakhir dengan kantung tipis. Jadi solusinya biasakan untuk membayar segala tagihan dimuka kemudian lakukan investasi setelah itu baru belanja.
Jadi biasanya jika kita membayar dengan cash akan kerasa efek psikologisnya bahwa uang yang dikeluarkan itu banyak, nah hal ini membuat kita akan lebih hemat lagi dalam berbelanja.

Baklavers, memang sih mengubah kebiasaan itu tidak mudah.. Apalagi mengenai kebiasaan dalam hal penggunaan uang. Namun hal tersebut bukannya tidak bisa diubah loh Baklavers.. semua bisa dimulai dengan menerapkannya secara berkala & konsisten.
Percaya deh, kalau 5 cara diatas dijalankan dengan disiplin, insyallah bisa menghemat uang belanja.. trus sisa uangnya bisa ditabung untuk keperluan lainnya…

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

About Us

Makassar Baklave merupakan toko oleh – oleh terfavorit di kota Makassar. Jika berkunjung ke Makassar, beli oleh – olehnya ya di Makassar Baklave.

Recent Posts

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.