Salah satu kota terbesar di Indonesia ini ternyata menyimpan segudang kuliner khas yang sangat menggugah selera. Mulai dari masakannya yang kaya akan rempah-rempah serta kue manis dan gurih pun Makassar punya.

Untuk para penikmat kuliner, makanan khas Makassar sulit terlupakan kelezatannya. Rasa manis serta memiliki citarasa yang khas membuat Kota Makassar seperti surga kuliner.

Siap-siap yaaa baklavers pasti bakalan tergoda dengan kelezatan kue-kue Makassar berikut :

1. Barangko

reseponline.info

Kue barongko yang terkenal dengan nama kue bugis ini adalah salah satu kue basah tradisional daerah Bugis Makassar. Bahan dasar dari kue ini ialah pisang kepok yang dihaluskan, santan, gula, telur, garam diadon menjadi satu lalu dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Kue Bugis ini memiliki tekstur yang lembut sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pada zaman dulu, kue khas Makassar ini dijadikan sajian penutup untuk kalangan para raja-raja Bugis. Selain itu, juga sering dihadirkan dalam berbagai acara adat seperti pernikahan, syukuran dan sunatan.

2. Es Pisang Ijo

resepgulaku.com

Siapa yang gak kenal dengan cemilan manis dan menyegarkan satu ini. Rasanya es pisang ijo khas Makassar sudah bisa dengan mudah kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Pisang manis yang digulung dengan adonan berwarna hijau, lalu disiram dengan sirup manis beserta es. Ngebayangin aja buat ngiler kan…

3. Biji Nangka

sajiansedap

 

Dari namanya saja baklavers bisa menebak penampakkan salah satu kue khas Makassar satu ini. Kue yang berbahan dasar kentang rebus yang dihaluskan, lalu dicampur oleh gula dan banyak kuning telur. Setelah itu dibentuk seperti biji nangka. Kue ini memilki cita rasa manis dan gurih.
Biasanya baklavers dapat menjumpai kue ini dalam acara-acara adat Bugis, seperti pernikahan, syukuran dll. Sebagian orang bugis menyukai panganan ini saat disajikan dalam keadaan dingin.

 

4. Makassar Baklave

Kue kekinian yang satu ini pasti sudah menjadi omongan semua kalangan masyarakat Makassar. Rasanya yang renyah dan manis serta memiliki beberapa varian rasa kekinian, membuat Makassar baklave dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. Makassar baklave juga merupakan salah satu cemilan yang dapat dijadikan oleh-oleh dari Makassar.

5. Cucuru Bayao

sajiansedap

 

Untuk membuat kue Cucuru Bayao baklavers membutuhkan kenari dan banyak kuning telur, tapi berbeda dengan biji nangka kue ini tidak menggunakan kentang. Bentuk dari kue ini adalah bundar dan pipih dengan warna kuning dan terkstur seperti spons. Sedangkan untuk rasanya cucur bayao memiliki rasa yang gurih dan manis. Kue tradisional ini kerap hadir dalam berbagai pesta adat, cita rasa yang manis selalu melekat pada kue-kue perkawinan Bugis Makassar ini merupakan simbolisasi akan harapan manisnya kehidupan yang diarungi oleh kedua mempelai.

Ini baru sebagaian aja loh baklavers, jadi buat kalian yang berencana mampir ke Makassar jangan lupa cicipi 5 kue ini yaaa, dijamin ketagihan deh pokoknya…

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

About Us

Makassar Baklave merupakan toko oleh – oleh terfavorit di kota Makassar. Jika berkunjung ke Makassar, beli oleh – olehnya ya di Makassar Baklave.

Recent Posts

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.