7 Oleh-Oleh Wajib dari Makassar

Kota makassar salah satu kota terbesar di Indonesia, Makassar terkenal dengan coto Makassarnya. Untuk baklavers yang sudah puas menikmati keindahan kota Makassar, mungkin bisa mampir sejenak ke tempat-tempat khusus menjual oleh-oleh, untuk membeli oleh-oleh wajib dari Makassar ini.

1. Baruasa

Dilihat dari bentuknya, barusa memang terlihat seperti biskuit bayi.Namun, itu hanya penampilannya saja karena ini adalah kue kering yang bisa dikonsumsi oleh orang-orang dari berbagai usia. Kue ini sering dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh karena rasanya enak dan harganya yang terjangkau. Baruasa terbuat dari tepung beras, telur dan kelapa parut. Jadi, tentu saja aroma kue ini sangat harum karena menggunakan bahan dasar kelapa parut. Cara untuk menikmati kue baruasa ini adalah sambil minum teh manis hangat di sore hari.  (sumber ini: https://bacaterus.com/?p=10242)

2. Batik Lontara

Seperti halnya di daerah-daerah penghasil batik lainnya, Makassar juga punya batik khas Makassar sendiri yaitu batik lontara. Setiap aksara-aksara yang terdapat di batik lontara syarat akan makna-makna. Batik-batik ini diproduksi menggunakan berbagai jeni kani, seperti kain sutra dan shatung. Harga untuk batik lontara bervariasi tergantung jenis batik serta bahannya.

3. Makassar Baklave

Oleh-oleh satu ini adalah oleh-oleh kekinian yang dimiliki oleh Makassar. Kue yang sejarahnya berasal dari turki ini telah dimodifikasi agar sesuai dengan lidah Indonesia, kue ini dibagi menjadi dua bagian, kue bagian bawah adalah catton cake yang sangat lembut dengan rasa manis dan bagian atasnya terdapat filo pastry yang gurih. Makassar baklave mempunyai 6 varian yang bisa dipilih yaitu, Nutty frutty, rich cheese, oreo blast, royal chocolate, banana fluffy, green tea.

4. Makassar oishi

Selain Makassar baklave, kota Makassar juga punya satu lagi kue kekinian yaitu Makassar oishi. Cake ini terbuat dari bahan cream cheese, tepung, gula dan telur yang di olah dengan cara au be marie (di oven dengan menggunakan air) dan dinikmat sehingga menciptakan cake yang lembut dipadukan oleh varian rasa pilihan seperti, oishi cheese, greentea, chocolate, velvet, durian dan tiramisu.

5. Kerupuk Jintan

Camilan satu ini disebut juga kue kering karena bentuknya yang tidak seperti kerupuk namun jika dimakan sangat renyah. Kerupuk Jintan khas Makassar ini terbuat dari tepung terigu, soda kue, vanili, telur dan jintan hitam yang beraroma khas. Kerupuk jintan juga bisa masuk salah satu oleh-oleh yang wajib dari Makassar.

6. Otak-otak ikan

Di daerah lain mungkin sudah ada otak-otak ikan, namun otak-otak ikan dari Makassar ini punya ciri khas sendiri, selain dibuat dengan olahan seafood, dan tepung. Yang membedakan otak-otak ikan ini adalah jika di daerah lain otak-otak di bakar, di otak-otak ikan ini hanya direbus setelah dibungkus dengan daun pisang loh.. cobain deh.

7. Kue Kurma

Jangan terkecoh dengan namanya, karena kue ini sebenarnya bukan terbuat dari kurma. Nama kurma diberikan karena bentuknya yang hampir mirip seperti buah kurma. Kue ini terbuat dari terigu, mentega, telur dan maizena. Rasa kue kurma ini manis dan gurih karena ada kacangnya.

Buat baklavers jangan bingung lagi untuk membeli oleh-oleh khas Makassar, semoga infonya membantu yaa.. kira-kira oleh-oleh mana favorit dari baklavers?….

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

About Us

Makassar Baklave merupakan toko oleh – oleh terfavorit di kota Makassar. Jika berkunjung ke Makassar, beli oleh – olehnya ya di Makassar Baklave.

Recent Posts

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.