Baca Ini Sebelum Ke TPS Untuk Mencoblos Pilihan Anda, Penting!

Baklavers yang masih bingung bagaimana cara mencoblos pemilu 2019, kali ini kita akan memberikan penjelasan bagaimana mencoblos dengan benar sehingga surat suara kamu dinyatakan sah, dan membedakan kelima jenis warna pada lembar surat suara.

Saat berada di TPS kamu bakalan diberikan lima kertas suara sebelum masuk kebilik pencoblosan, yang terdiri dari warna kuning untuk DPR RI, warna merah untuk DPD RI, warna biru untuk DPRD Provinsi, warna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk Presiden. Keputusan pemilihan warna sesuai dengan keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara & desain alat coblos bagi pemilih tunatetra.

Setelah itu Baklavers akan menuju ke bilik pencoblosan, supaya tidak salah dalam mencoblos. Berikut cara pencoblosan yang benar.

Untuk pemilihan Presiden

Surat suara akan sah jika mencoblos pada nomor urut foto, dan atau nama paslon. Atau mencoblos lambang partai yang mana aja di bawah. Surat suara tidak sah jika kamu mencoblos kedua paslon atau diluar garis kedua paslon

Untuk mencoblos anggota DPRD Provinsi, Kabupaten & DPR RI

Surat suara akan dinyatakan sah jika kamu mencoblos pada nomor urut caleg dan atau nama caleg, disertai dengan mencoblos nama partai dan atau nomor partai, atau lambang partai.

Ataupun mencoblos hanya nomor urut caleg dan atau nama caleg saja tanpa mencoblos nama partai atau nomor atau lambang partai.

Maka surat suara akan dinyatakan sah untuk nama caleg dari partai tersebut. Sedangkan jika kamu menyobos antara dua garis nama caleg maka surat suara akan dinyatakan sah untuk suara partai saja, sedangkan untuk nama calegnya tidak dihitung.

Sama dua nama caleg yang ada mencoblos. Nah surat suara akan dinyatakan tidak sah jika kamu mencoblos nama caleg dan juga mencoblos nama partai yang tidak mengusung caleg tersebut. Dan juga mencoblos pada luar kotak.

Untuk anggota DPD RI

Surat suara akan sah jika kamu mencoblos pada nomer urut, nama anggota, dan foto anggota. Surat suara tidak akan sah jika kamu mencoblos pada kedua anggota atau diluar kolom disisi calon manapum.

Setelah mencoblos lipatlah kembali surat suara lalu letakkan sesuai dengan kategori dari warnanya yaa.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

About Us

Makassar Baklave merupakan toko oleh – oleh terfavorit di kota Makassar. Jika berkunjung ke Makassar, beli oleh – olehnya ya di Makassar Baklave.

Recent Posts

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.