Jenis Pesawat Dan Kegunaannya Wajib Diketahui Orang Awam

Pesawat adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan manusia untuk memudahkan segala urusannya. Selain nyaman untuk perjalanan jauh, pesawat juga transportasi yang lebih cepat dibanding yang lainnya.

Pekembangan pesawat terbang juga semakin modern dari segi bentuk dan juga mesinnya. Pesawat yang mempunyai badan besar tidak semuanya dapat dikatakan pesawat penumpang. Kalau di Indonesia sendiri rata-rata menggunakan mesin dari GE.

berikut jenis-jenis pesawat komersial untuk penumpang yang memiliki hingga ratusan penumpang dalam sekali penerbangan.

 Airbus A340-500

Jenis pesawat ini bisa dibilang masuk dalam kategori pesawat dengan jumalah terbesar dengan kapasitas 372 kursi dan menggunakan mesin jet.

 Airbus A350 XWB

Pesawat Airbus A350 XMB (eXtra Wide Body) ini masih keluarga pesawat jet, berbadan lebar yang sedang dikembangkan oleh produsen pesawat Eropa Airbus. A350 memiliki struktur kedua sayap pesawat dibuat dari polimer serta diperkuat serat karbon.

pesawat ini memiliki kapasitas 270-350 penumpang di tempat duduk kelas tiga, tergantung pada varian.

Airbus A340

Airbus A340 ini merupakan pesawat penumpang yang berukuran besar diproduksi oleh airbus, desainnya mirip dengan tipe airbus A330. Pesawat ini diperuntukkan untuk generasi sebelumnya seperti Boeing 747 tetapi tipe ini sekarang bersaing denga Boeing 777. lebih dari 370 A340 dioperasikan di seluruh dunia pada september 2010.

Boeing 777-200

Pesawat ini dirancang bermesin ganda yang diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan Amerika. Boeing 777-200 merupakan pesawat komersial pertama di dunia yang sepenuhnya dirancang oleh komputer.

Boeing 777

Pesawat ini ternyata dimiliki oleh perusahan penerbangan milik Indonesia yaitu Garuda Indonesia. Boeing 777 ini diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, yang menggunakan mesin jet dan memiliki kapasitas 314 hingga  451 penumpang, dapat terbang sepanjang 9.695 hingga 17.594km. Menariknya Boeing 777 milik garuda adalah mampu menjangkau jarak jauh, menggunakan mesin yang diproduksi General Electric yaitu GE90.

Boeing 747

Pesawat ini dikenal sebagai jumbo jet karena memiliki badan yang lebar. Pesawat dengan empat mesin ini diproduksi oleh Boeing Commercial Airplanes, menggunakan kongfigurasi dua dek dimana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Kongfigurasi 3 kelas (kelas pertama. kelas bisnis dan ekonomi) yang mampu menampung 400 penumpang. Kongfigurasi 1 kelas (hanya kelas ekonomi) mampu menampung 600 penumpang.

 

Sumber :

Ini 10 pesawat penumpang terbesar dunia, di Indonesia juga ada. Brilio.net. 22 Desember 2016. 2 Oktober 2018. https://www.brilio.net/wow/ini-10-pesawat-penumpang-terbesar-dunia-di-indonesia-juga-ada-161221o.html.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

About Us

Makassar Baklave merupakan toko oleh – oleh terfavorit di kota Makassar. Jika berkunjung ke Makassar, beli oleh – olehnya ya di Makassar Baklave.

Recent Posts

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.