Kisah Haru Lombok Serta Irfan Hakim yang Menjadi Relawan

Bulan kemarin lebih dari 1000 kali terjadi gempa di Lombok. Data Penanganan Darurat Bencana gempa Lombok mencatat sebanyak 555 korban meninggal dan 390.529 pengungsi. Banyak cerita yang terjadi selama sebulan itu. Irfan hakim pun menuturkan ketakutan mereka saat gempa itu terjadi, masyarakat Lombok berlarian mencari tempat tinggi untuk menyelamatkan diri meraka. Namun saat mereka kembali, mereka menyaksikan rumahnya hanya tinggal puing-puing saja, bahkan ada yang sudah rata dengan tanah.

Ditengah duka yang mereka rasakan, masih ada saja yang mengambil kesempatan untuk mengambil barang-barang mereka diantara reruntuhan puing-puing tersebut. Melihat berita-berita ini membuat Irfan Hakim ingin sekali melihat Lombok secara langsung.

Mendapat kesempatan itu, Irfan Hakim yang tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid langsung menuju ke tempat pengungsian sementara untuk menghibur saudara kita di Lombok yang sedang berduka. Selama perjalanan Irfan melihat sepanjang jalan puing-puing reruntuhan bekas dari dampak dahsyatnya gempa.

Sesampai ditenda pengungsian Irfan disambut hangat oleh warga yang sudah menunggunya, selain itu Irfan berkesempatan bermain bersama anak-anak yang ada disana. Irfan juga mengunjungi ibu-ibu yang ada di dapur darurat, sambil mendengar kisah mereka.

Selama disana Irfan Hakim banyak mendengar cerita-cerita haru dari seorang volunteer yang ada disana. Volunteer ini bertemu dengan seorang bapak dan anaknya, saat itu anaknya mengeluh dengan makanan pagi, siang, malam yang ia dapatkan hanya mie. Dan bapaknya hanya tersenyum, lalu ia menanyakan “ibunya kemana, kenapa hanya makanannya saja yang datang”, bapaknya menjawab “ibu sedang di dapur umum memasak untuk kita dan pengungsi lainnya”. Padahal ibu nya sudah meninggal terkena reruntuhan bangunan.

Ada satu cerita lagi dari seorang bapak yang kehilangan kedua sahabatnya. Ketika gempa terjadi mereka sedang berada di masjid, sebagaian berlarian ke arah kiri sedangkan kedua sahabatnya memilih arah kanan yang mengakibatkan terkena reruntuhan masjid.

Masih banyak lagi cerita haru dibalik bencana yang menimpa Lombok bulan lalu, kini sedikit demi sedikit Lombok bangkit untuk membangun kotanya yang sempat terpuruk. Yuk Baklavers kita sama-sama mendoakan saudara kita yang ada disana agar kembali pulih.

Semua pengalaman Irfan Hakim sebagai volunteer dapat dilihat pada youtube channel deHakims ya.. jangan lupa di like dan subscribe.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.