Ternyata beberapa tokoh yang berpengaruh di Indonesia asal Makasar loh, mereka lahir bahkan menghabiskan masa remajanya di salah satu kota terbesar di Indonesia ini. Tidak hanya memberi kontribusi terhadap Negara tapi juga sebagai teladan masyarakat. Bergerak pada bidangnya masing-masing, mereka miliki power sebagai seorang pemimpin yang disegani dan diteladani.
Baklavers pasti sudah tahu dari beberapa tokoh ini, atau baklavers bekerja di perusahan salah satu dari mereka,, yuk kita ulas satu persatu tokoh berpengaruh asal makasar versi makasar baklave..

1. Abraham Samad

sumber : http://www.abrahamsamad.com/

Pria yang lahir di makasar 27 November 1966 terkenal karena menangani kasus polri vs KPK, pada saat itu ia menjadi salah satu komisi pemberantasan korupsi periode 2011-2015. Namun pria kelahiran makasar ini tersangkut kasus yang  berujung membuatnya di-nonaktifkan. Sebelum menjadi salah satu komisi KPK, Abraham Samad pernah menjadi advokat, konsultan hukum, hingga ia mulai menjadi aktivis pembrantas korupsi.

2. Jusuf kalla

Wakil presiden yang ke 10 dan 12 ini lahir di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi selatan pada tanggal 15 Mei 1942. Sebelum berkecimpung di dunia politik Jusuf Kalla adalah seorang pengusaha yang sukses. Lalu ia mengikuti beberapa organisasi yang mengantarkannya ke dunia politk. Saat ini Jusuf Kalla juga menjabat sebagai ketua umum palang merah Indonesia hingga saat ini. Baru-baru ini pak JK mendapatkan gelar penghargaan Doktor Honoris Cuasa dalam bidang Sosiologi Agama dari UIN Alauddin Makassar.

3. Remy Sylado

sumber : http://www.abrahamsamad.com/

Yapi Panda Abdiel Tambayong atau lebih dikenal dengan nama remy sylado ini lahir di Makassar, 12 juli 1945 merupakan salah satu sastrawan Indonesia. Remy pernah mendapatkan penghargaan kusala Sastra Khatulistiwa pada tahun 2002. Ada hal yang unik dari sastrawan satu ini karena ia memiliki sejumlah nama samara seperti Dova Zila, Alif Danya Munsyi, Juliana C. Panda, Jubal Anak Perang Imanuel, dibalik kegiatan dibidang music, seni rupa, teater, film, ia juga menguasai sejumlah bahasa loh..

4. Aksa Mahmud

Aksa Mahmud yang dikenal luas sebagai pendiri Bosowa Corp, pria yang lahir di Barru, Sulawesi Selatan, 16 Juli 1945 adalah pengusaha dan politikus Indonesia. Aksa Mahmud pernah menduduki peringkat 38 dalam daftar 40 orang terkaya versi Forbes. Berdasarkan catatan Forbes, ia memiliki kekayaan sebesar US$780 juta. Sebagai politikus, ia pernah menjadi anggota MPR RI Fraksi Utusan Daerah dari Sulawesi Selatan, lalu menjadi Dewan Perwakilan Daerah. Saat ini ia masih aktif sebagai politikus senior Partai Golkar.

5. Najwa Shihab

https://www.instagram.com/najwashihab

Siapa yang gak kenal dengan Najwab Shihab yang akrab dipanggil nana. Ia lahir di Makassar, 16 September 1977. Namanya menjadi sangat terkenal saat ia membawakan program dengan namanya sendiri yaitu mata najwa, hampir semua politikus sudah ia wawancarai. Najwa beberapa kali mendapatkan penghargaan salah satunya ialah dari Elle magazine tahun 2016, sebagai the Influential Woman of the Year dan insan Pertelevisian terbaik dalam ajang Panasonic Gobel Awards di tahun yang sama.

Itu dia tokoh-tokoh yang berpengaruh berasal dari Makassar, dari dunia politik, seni, serta hiburan. semoga info ini bisa menjadi motivasi untuk baklavers yaa, supaya bisa menjadi salah satu penerus atau bahkan lebih hebat dari mereka..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Yuk berlangganan info Makassar Baklave

Daftarkan emailmu untuk mendapatkan info dan promo menarik setiap minggunya.